Seri Belajar R [4] : Grafik Menggunakan R‐Commander


Dalam tulisan ini kita akan melanjutkan bahasan mengenai R. Pada bagian ini akan dibahas penggunaan R‐Commander untuk membuat penyajian statistik deskriptif dari suatu kumpulan data. Fokus utama adalah pembuatan beberapa macam bentuk grafik yang banyak digunakan dalam analisis data.

R menyediakan banyak menu pilihan grafik pada R‐Commander, antara lain Histogram, Diagram Batang dan Daun (Stem-and-leaf display), Boxplot, dan lain‐lain. Secara lengkap pilihan grafik yang tersedia dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Histogram

Menu yang digunakan untuk membuat grafik histogram adalah Graphs, pilih Histogram… . Pada jendela dialog yang muncul seperti pada Gambar dibawah, pilih variabel. Kemudian isikan jumlah interval yang diinginkan pada kotak Number of bins, dan klik OK untuk menampilkan output histogramnya.

Contoh dari hasil Histogram dapat dilihat pada gambar dibawah. Output histogram ini dapat disimpan dengan menggunakan menu File, dan pilih Save as dari jendela grafik. Pilihlah output yang sesuai, misalkan saja dalam format PDF. Maka pilih format PDF dalam daftar format file output. Selanjutnya, beri nama file output. Selain itu, output histogram ini dapat pula disimpan dalam format Metafile, Postcript, Png, Bmp, dan Jpeg.

Jika file histogram ini ingin dikopi untuk di insert kedalam program lain, misalkan kedalam Microsoft Word, maka dapat digunakan menu File, pilih Copy to the clipboard, dan pilih as a Bitmap atau Ctrl‐C. Kemudian, buka program Microsoft Word, maka file grafik dapat di paste kan menggunakan perintah Ctrl‐V.

Diagram Batang Daun (Stem-and-leaf)

Menu yang digunakan untuk membuat diagram batang dan daun adalah Graphs, kemudian pilih Stem-and-leaf display… . Kemudian akan muncul kotak dialog seperti Gambar dibawah ini.

Isikan argumen optional yang diinginkan pada kolom‐kolom yang tersedia, dan klik OK untuk menampilkan output diagram batang dan daun. Output dari diagram ini akan ditampilkan di Jendela Keluaran pada R‐Commander seperti pada Gambar berikut ini.

Output tersebut menjelaskan bahwa bilangan pada daun menunjukkan nilai‐nilai

satuan.

Boxplot

R menyediakan pilihan Boxplot… pada menu Graphs untuk membuat tampilan BoxPlot dari suatu data. Jendela dialog yang muncul akan seperti terlihat pada Gambar dibawah berikut ini.

Pilih variabel yang akan diplot, kemudian klik Plot by groups untuk mendefinisikan variabel pengelompokan jika ingin memplot variabel berdasarkan kelompok. Contoh output dari boxplot seperti terlihat pada gambar berikut ini.

Dalam contoh di atas, plot dilakukan tanpa kelompok.

 

Demikian juga untuk jenis-jenis grafik lainnya dipilih melalui menu Graphs.

Lebih lengkap bisa dibaca di : ANALISIS DATA STATISTIK DENGAN R (Suhartono)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: