Seri Belajar R [3]: Manajemen Data Pada R menggunakan R-GUI


Manajemen data yang meliputi data entry, edit, import dan export, merupakan suatu langkah yang penting dalam analisis statistika. Secara umum, minimal ada dua macam bentuk data yang dapat diolah, yaitu data yang dimasukkan langsung lewat R editor melalui keyboard, dan data yang sudah ditulis menggunakan Program Sheet lain, seperti Text, SPSS, MINITAB, Access ataupun dBase. R menyediakan dua cara untuk melakukan manajemen data, yaitu menggunakan R‐GUI dan melalui command line di R‐console.

Data Entry menggunakan R‐Gui dengan R‐Commander

Pengisian data secara langsung via R dengan menggunakan R‐commander dapat dilakukan melalui menu Data, dan pilih Dataset baru … . Setelah itu, jendela dialog pengisian nama data set akan ditampilkan, seperti yang terlihat pada Gambar dibawah ini. Pada kotak dialog nama data set, tuliskan latihan1 sebagai nama data set baru tersebut.

Kemudian klik OK, dan jendela RGui ‐ Data Editor akan terbuka seperti pada Gambar berikut:

Pengisian nama variabel dilakukan dengan cara klik pada kolom paling atas dari data editor. Sebagai contoh, untuk mengisikan nama variabel pertama, misalnya responden, klik pada var1. Kemudian akan muncul jendela Variable editor seperti yang terlihat pada Gambar berikut ini:

Isikan nama variabel yang dikehendaki dan pilih jenis variabel apakah numerik atau karakter.

Setelah pengisian nama variabel, bisa dilanjutkan dengan pengisian data. Pada dasarnya, proses pengisian data ini adalah sama dengan paket statistik yang lain, yaitu mulai isian nama kolom dan tipe data yang diinputkan (numeric atau character). Setelah semua data selesai diinputkan, maka akan diperoleh tampilan Data Editor seperti berikut ini (contoh):

Setelah dilakukan data entry, maka tutup jendela R Data Editor diatas untuk mengakhiri proses data entry. Pada jendela R‐Commander terlihat Data set yang dengan nama data set yang
saat ini sedang aktif. Untuk menampilkan data yang sedang aktif di Jendela Keluaran R‐Commander, tulis nama data set yaitu misal latihan1 di Jendela Skrip, kemudian klik Kirim.

Untuk menampilkan data yang sedang aktif di memori, lakukan dengan mengklik tombol Lihat data set. Setelah itu jendela data akan dibuka dan menampilkan data yang sedang aktif di memori komputer saat ini.

Untuk melakukan editing terhadap data set yang ada, lakukan dengan mengklik tombol Edit data set. Setelah itu jendela Data Editor akan dibuka kembali, dan proses editing data dapat langsung dilakukan pada data‐data yang salah ketik. Jika editing telah selesai dilakukan, tutup jendela Data Editor untuk kembali ke jendela R‐commander.

Importing data di R‐Commander

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, secara umum proses data entry di R‐Commander dapat dilakukan dengan dua macam cara, yaitu dilakukan langsung melalui Data Editor dan melalui import data dari format data yang diberikan oleh program lain. Program yang format datanya dapat dibaca oleh R adalah data dari file teks atau clipboard, dataset SPSS, dataset MINITAB, dataset STATA, data dari Excel, Access, atau dBase, seperti yang terlihat pada jendela menu berikut.

Transformasi dataset atau pengaturan variabel pada dataset

Ada beberapa menu untuk transformasi dataset pada R‐Commander, antara lain recode atau kode ulang peubah, compute atau hitung peubah baru, standarisasi peubah, dan lainnya. Secara lengkap, transformasi dataset yang dapat dilakukan dapat dilihat pada Gambar berikut:

Kode ulang peubah digunakan untuk memberi nilai baru suatu variabel berdasarkan nilai lama, biasanya digunakan untuk membentuk pengelompokkan. Misal dari variabel umur akan dibentuk variabel kelompok umur 10 tahunan, umur 0-9 diberi kode 1, umur 10-19 berkode 2, … dan seterusnya.

Pilihan menu hitung peubah baru dapat digunakan untuk membentuk variabel baru yang merupakan fungsi dari variabel yang sudah ada. Misalkan saja akan dilakukan transformasi terhadap variabel tinggi pada dataset menjadi variabel lain yang dengan nama tinggi_compute, yaitu dimana tinggi_compute=tinggi-100.

Transformasi lain yang dapat dilakukan pada R‐Commander adalah :

  • Tambahkan banyaknya pengamatan ke data set
  • Standarisasi peubah
  • Konversi peubah numerik ke faktor
  • Bin peubah numerik
  • Atur ulang level faktor
  • Definisikan kontras dan faktor
  • Namakan ulang peubah
  • Hapus peubah dari dataset

Lebih lengkap bisa dibaca di : ANALISIS DATA STATISTIK DENGAN R (Suhartono)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: