Prospek Kerja: Menjadi Seorang Statistisi, Siapa Takut?


Bagi seorang siswa kelas 12 SMU, saat ini adalah saat-saat menjelang kelulusan, dan saat inilah saatnya menentukan masa depan. Bagi yang ingin masuk perguruan tinggi, memilih jurusan kadang memusingkan. Tak cukup dengan minat dan bakat, prospek pekerjaan di masa depan pun menjadi pertimbangan. Statistisi? hmm.. sepertinya belum banyak orang yang mengenal profesi ini. Ya tentu saja dalam dunia nyata memang jarang ada pekerjaan yang secara eksplisit adalah sebagai statistisi. Padahal menurut Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, terdapat 19.000 pekerjaan yang tergolong sebagai statistisi.

Apa itu statistisi? Mungkin itu yang ada dibenak Anda. Statistisi adalah orang yang bekerja dengan statistik teoritis maupun terapan, baik di sektor swasta ataupun pemerintah. Inti dari pekerjaan seorang statistisi adalah untuk mengukur, menginterpretasikan dan menjelaskan aktivitas manusia, barang, dan berbagai fenomena sehingga diketahui polanya dan bisa dibuat prediksinya di masa yang akan datang. Seorang statistisi bisa masuk ke berbagai sektor pekerjaan, antara lain pemerintahan, industri, riset, marketing, ekonomi, finansial, komputasi, dan lain-lain.

Prospek kerja seorang statistisi terus berkembang, seiring semakin meningkatnya jumlah pekerjaan yang membutuhkan kualifikasi sebagai seorang statistisi antara lain kemampuan menganalisis data dan memprediksinya. Saat ini tenaga-tenaga ahli di bidang statistik banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar, dan tentu saja menawarkan penghasilan yang besar. Selain bekerja di perusahaan besar, saat ini juga berkembang kewirausahaan di bidang statistik, yang disebut sebagai “statpreneur” (istilah ini saya dapatkan dari seminar statistik di ITS). Statpreneur merupakan lembaga yang menyediakan jasa statistik, misal perancangan survey, marketing research, analisis data, pengolahan data, dan lain-lain.

Untuk lebih jauh mengenal apa itu statistik bisa kunjungi website Job Bank USA dan webindia123

Jika kalian berminat, silakan pilih jurusan statistik. Banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan statistik, seperti IPB, UNPAD, ITS dan lainnya. Atau jika ingin menjadi seorang statistisi dalam pemerintahan (alias PNS), kalian bisa masuk ke Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), infonya ada disini.

13 Responses

  1. Kriteria nilainya gimana, biar bisa diterima?

  2. statistik UII selain mengajarkan nilai pada suatu angka,tetapi juga mengajarkan nilai yang ada dalam kehidupan,

  3. STATISTIS akan ku tempuh di UGM

    bulukumba sulawesi selatan

  4. […] statistika,, […]

  5. statistika undip gak kalah keren coy..hahahah

  6. be a good statistician!!! STIS love u..🙂

  7. Statistika ITS Jaya !

  8. recommended: STIS !😀

  9. go STIS… the best statisticals olympiade winner ever.. check it out in google

  10. yuhuu..
    GO statistika UGM..

  11. Yang bikin web ini sapa ya?

  12. Akulah salah satu statistisi terbaik masa depan!
    Go statistik ugm go!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: