Seri Belajar R [1]: Paket Statistik R


Kelompok paket software statistik untuk keperluan analisis data secara umum dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok software komersil dan kelompok software statistik open source atau freeware. Beberapa contoh software statistik komersil yang popular di Indonesia adalah SPSS, MINITAB, Eviews, SAS, dan Splus. Sedangkan contoh dari freeware statistik antara lain R, Open Stats, SalStat, Vista, dan lain‐lain (lihat http://www.statistics.com/content/freesoft/ AZlisting.html).

Software statistik yang komersil mensyaratkan lisensi dengan harga yang relatif sangat mahal untuk ukuran sebagian besar pengguna di Indonesia. Dengan demikian, salah satu alternatif penyelesaian dari mahalnya lisensi tersebut adalah melalui penggunaan freeware statistik, khususnya R.

Apa itu R ?

R merupakan suatu bahasa dan lingkungan (environment) pemrograman untuk komputasi statistik termasuk secara grafis. R merupakan suatu proyek GNU yang serupa dengan bahasa dan lingkungan pemrograman S yang dikembangkan di Bell Laboratories oleh John Chambers dan rekan-rekannya. R menyediakan beragam teknik statistik dan grafik, yang sampai saat ini terus berkembang.

R dalam versi terakhirnya, yaitu versi 2.10.1 (pada tanggal 22 April 2011 akan dirilis versi 2.11.0), merupakan suatu sistem analisis data statistik yang komplet sebagai hasil dari kolaborasi penelitian berbagai ahli statistik (statistisi) di seluruh dunia. Versi awal dari R dibuat pada tahun 1992 di Universitas Auckland, New Zealand oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman. Pada saat ini, source code kernel R dikembangkan terutama oleh R Core Team yang

beranggotakan 17 orang statistisi dari berbagai penjuru dunia (lihat http://www.rproject.org/contributors.html). Selain itu, para statistisi lain pengguna R di seluruh dunia juga memberikan kontribusi berupa kode, melaporkan bug, dan membuat dokumentasi untuk R.

Paket statistik R bersifat multiplatforms, dengan file instalasi binary/file tar tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac OS, Mac OS X, Linux, Free BSD, NetBSD, irix, Solaris, AIX, dan HPUX. Secara umum, sintaks dari bahasa R adalah ekuivalen dengan paket statistik Splus, sehingga sebagian besar keperluan analisis statistika, dan pemrograman dengan R adalah hampir identik dengan perintah yang dikenal di Splus.

Cara Memperoleh R, Paket dan Library

R dapat diperoleh secara gratis di CRAN‐archive yaitu The Comprehensice R Archive Network di alamat http://cran.r‐project.org. Pada server CRAN ini dapat didownload file instalasi binary dan source code dari R‐base system dalam sistem operasi Windows (semua versi), beberapa jenis distro linux, dan Macintosh.

Fungsi dan kemampuan dari R sebagian besar dapat diperoleh melalui Add‐on packages/library. Suatu library adalah kumpulan perintah atau fungsi yang dapat digunakan untuk melakukan analisis tertentu. Sebagai contoh, fungsi untuk melakukan analisis time series dapat diperoleh di library ts. Instalasi standar dari R akan memuat berbagai library dasar, antara lain base, datasets, graphics, utils, dan stats. Library lain hasil kontribusi dari pengguna R (di luar yang standar) harus diinstal satu per satu sesuai dengan yang dibutuhkan untuk analisis. Daftar semua library yang tersedia dapat diakses dari link download CRAN di alamat http://cran.r‐project.org. (atau bisa klik pada sidebar sebelah kanan blog ini).

Instalasi

Tahapan utama sebelum melakukan instalasi R dalam sitem operasi Windows adalah mendownload file R‐2.7.2‐win32.exe yang dapat diperoleh di http://cran.rproject.org. Setelah itu, langkah‐langkah instalasi R dapat dilakukan seperti berikut:

  • Klik dua kali (double click) file R‐2.10.1‐win32.exe yang terdapat pada direktori yang telah disediakan, maka akan muncul jendela dialog seperti pada Gambar berikut ini.

Setelah itu, lanjutkan jalannya proses instalasi dengan mengikuti Wizard dan menggunakan pilihan‐pilihan default instalasi.

  • Jika proses instalasi telah selesai, klik Finish untuk keluar dari proses instalasi. Apabila semua proses berjalan dengan sukses, maka pada Desktop Windows dan Start Menu dari Windows akan terdapat Shortcut dari R.
  • Langkah terakhir jika instalasi R telah selesai adalah melakukan pengecekan atau pengujian apakah program R dapat berjalan dengan baik. Lakukan klik dua kali pada shortcut R di Desktop atau pada Start Menu. Jika instalasi berlangsung dengan baik, maka jendela program R akan terbuka.
  • Jika selesai bekerja dengan R, maka untuk keluar dari R dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :

1. Ketikkan q() pada command line di R‐console, yaitu

> q()

2. Pilih menu File, pilih Exit, dan kemudian klik Yes pada dialog Save Workspace Image.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: