Mengenal Jaringan Syaraf Tiruan


Jaringan Syaraf Tiruan adalah paradigma pemrosesan suatu informasi yang terinspirasi oleh sistim sel syaraf biologi, sama seperti otak yang memproses suatu informasi.  Elemen mendasar dari paradigma tersebut adalah struktur yang baru dari sistim pemrosesan informasi.  Jaringan Syaraf Tiruan, seperti manusia, belajar dari suatu contoh. Jaringan Syaraf Tiruan dibentuk untuk memecahkan suatu masalah tertentu seperti pengenalan pola atau klasifikasi karena proses pembelajaran.

Jaringan saraf tiruan atau artificial neural network pertama kali dikembangkan sebagai generalisasi model matematika dari sistem syaraf biologis. Ketertarikan akan Neural network ini bermula setelah pengenalan neuron sederhana oleh McCulloch dan Pitts (1943).

Elemen dasar dari Jaringan Syaraf Tiruan disebut sebagai artificial neuron atau cukup neuron atau node. Dalam model matematika sederhana dari neuron, efek dari rangsangan diwakili oleh hubungan bobot yang bisa dianggap merupakan efek dari sinyal input dimaksud, dan karakteristik non linier dari neuron diwakili dengan fungsi transfer. Impuls neuron kemudian dihitung sebagai penjumlahan sinyal input terbobot yang ditransformasi oleh fungsi transfer.

… bersambung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: